RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 7, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE “ZOOM” PADA KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rendika Vhalery (Universitas Indraprasta PGRI)
Albertus Maria Setyastanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Sindi Nur Alfilail (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 atau dikenal dengan coronavirus 2019. Untuk meminimalisir dampak ini, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan dan menghimbau masyarakat untuk menerapkan sosial distancing, melakukan lockdown, bekerja dari rumah (Work Frome Home), dan belajar melalui daring atau online. Pembelajaran berbasis online menggunakan aplikasi/software “zoom” diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran berbasis online. Pembelajaran berbasis online “zoom” dapat menjadi pendukung kesiapan belajar mahasiswa. Dikarenakan kesiapan belajar mahasiswa selama pandemi covid-19 mengalami penurunan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Dengan hipotesis adanya pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Populasi penelitian adalah mahasiswa Unindra. Sampel sebayak 209 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis online. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Artinya, terdapat pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...