PUTIH JURNAL PENGETAHUAN TENTANG ILMU DAN HIKMAH
Vol 5 No 1 (2020): PUTIH: Jurnal Pengetahuan tentang Ilmu dan Hikmah Vol. V No. 1

ESKATOLOGI AL-QURAN PERSPEKTIF TAFSIR SUFI-ISHARI: (Studi Penafsiran al-Qushairi atas Ayat Eskatologi dalam Tafsir Lata’if al -Isharat)

Kusroni, Kusroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

al-Qushayri dikenal sebagai salah satu mufasir sufi-ishari. Dua karyanya yang sangat masyhur dalam bidang tasawuf dan tafsir adalah al-Risalah al-Qusyariyah, dan Lata’if al-Isharat. Jika dibandingkan dengan mufasir sufi lainnya, al-Qushayri cenderung moderat dan tidak menuai banyak kritik, sebagaimana mufasir sufi lainnya. Penelitian ini bermaksud menelaah bagaimana perspektif sufi-isharimewarnai penafsirannya atas ayat-ayat eskatologi dalam Alquran. Penelitian ini berfokus pada penafsiran al-Qushayri pada surah al-Qiyamah. Penelitian ini menemukan bahwa nuansa sufi-ishari mewarnai penafsirannya atas surah al-Qiyamah, meskipun hanya dalam beberapa ayat. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun al-Qushayri adalah seorang mufasir sufi, ia tidak meninggalkan pendekatan linguistik dan pendekatan berbasis tradisi (bi al-ma’thur) dalam penafsiran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PUTIH

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Hikmah (PUTIH) Naskah merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian kajian ke Islaman bernuansa Tasawuf dan Thoriqoh dengan pendekatan yang bervariatif dan belum pernah diterbitkan dalam media lain baik cetak maupun Online. Dan dipandang memberikan kontribusi bagi ...