Inferensi
Vol 4, No 1 (2021): Inferensi

Pemodelan Regresi Nonparametrik Spline Truncated pada Data Longitudinal

Andrea Tri Rian Dani (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Ludia Ni’matuzzahroh (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Vita Ratnasari (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
I Nyoman Budiantara (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Saat ini pendekatan regresi nonparametrik banyak mendapat perhatian dari para peneliti, dikarenakan memiliki fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada asumsi bentuk kurva regresi. Spline truncated adalah salah satu model dalam regresi nonparametrik yang sering digunakan, karena mampu menangani data yang perilakunya berubah-ubah pada sub-sub interval tertentu. Pada analisis regresi, data yang seringkali digunakan adalah data cross-section, namun yang sebenarnya adalah analisis regresi juga dapat diterapkan pada data longitudinal, khususnya dengan menggunakan pendekatan regresi nonparametrik. Data longitudinal merupakan gabungan antara data cross-section dan time series. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan data persentase penduduk miskin di Provinsi Papua Tahun 2016 hingga Tahun 2019 menggunakan model regresi nonparametrik spline truncated. Metode estimasi parameter yang digunakan adalah Weighted Least Squares (WLS). Banyaknya titik knot yang dicobakan adalah 1 hingga 3 titik knot. Berdasarkan hasil analisis, model regresi nonparametrik spline truncated terbaik adalah model yang menggunakan 1 titik knot, dengan nilai GCV yang paling minimum yaitu sebesar 8,05 dan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 99,98%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inferensi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Inferensi is to publish original articles concerning statistical theories and novel applications in diverse research fields related to statistics and data science. The objective of papers should be to contribute to the understanding of the statistical methodology and/or to develop and ...