ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3 No 2 (2020): ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya

Pelatihan Inovasi Pembelajaran dalam Persepsi Mahasiswa

Harun Ahmad (IKIP Budi Utomo)
Endang Sumarti (IKIP Budi Utomo)
Mukarom Mukarom (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkap bagaimana kualitas pelatihan inovasi pembelajaran di IKIP Budi Utomo Malang dalam persepsi mahasiswa. Tiga variabel yang coba ditelusuri: kompetensi instruktur, pemahaman materi, dan kinerja pelatihan. Penelitian didesain dalam bentuk survei dengan teknik analisis data bersifat deskriptif-kuantitatif. Hasilnya, kompetensi instruktur terkategori BAIK karena di atas 70%; tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi tergolong CUKUP sebab ada di kisaran 40%; dan kinerja pelatihan di level BAIK karena mencapai 71%. Data ini menginformasikan bahwa kualitas pelatihan inovasi pembelajaran di IKIP Budi Utomo Malang sudah memenuhi kriteria BAIK. Secara praktis dapat dikatakan bahwa IKIP Budi Utomo Malang sebagi salah satu institusi pendidikan keguruan perlu selalu melatih para mahasiswa agar memiliki kemampuan mendesain model pembelajaran yang inovatif-patisipatif sebagai bagian dari pemenuhan kompetensi professional. Originality penelitian ini dapat dilihat dari upaya melihat secara sistematis literatur yang ada dan mengungkapkan kompatibilitas antara teori akademis dan penerapannya di dunia empiris.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alfabeta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALFABETA menerima tulisan artikel berupa hasil penelitian maupun konseptual bidang linguistik, sastra, penilaian, dan pembelajaran bahasa dan sastra ...