TECHNO-SOCIO EKONOMIKA
Vol 14, No 1 (2021): Jurnal Techno-Socio Ekonomika - April

Enterprise Architecture Planning: Manajemen Proses Belajar Mengajar SMAN 1 Baleendah

Hanhan Hanafiah Solihin (Universitas Sangga Buana)
Fajri Sugama (Universitas Bale Bandung)
Denny Rusdianto (Universitas Bale Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Proses Belajar mengajar merupakan proses penting dalam organisasi Pendidikan, sistem tersebut menjadi hal yang perlu di bantu oleh optimalisasi teknologi informasi. SMAN 1 Baleendah khususnya untuk bagian kurikulum mempunyai beberapa tugas, antara lain adalah pengelolaan data Guru dan Siswa, perencanaan informasi penjadwalan belajar mengajar dan pengelolaan penilaian Guru dan Siswa. Proses yang berjalan yang sudah memanfaatkan teknologi informasi hanya beberapa proses bisnis sehingga masih banyak proses bisnis yang belum terintergasi secara maksimal dikarenakan belum adanya blueprint perencanaan strategis sebagai panduan. Metode yang digunakan pada perancangan enterprise architecture menggunakan tahapan dari enterprise architecture planning yang bertujuan mengetahui apa saja proses yang berjalan, teknologi apa saja yang sudah digunakan, sehingga menghasilkan rancangan arsitektur data, aplikasi dan teknologi untuk menjadi rekomendasi rencana strategis pengembangan sistem informasi kedepannya. Hasil akhir yang telah didapat pada penelitian ini yang menjadi pemecahan dari masalah yang ada adalah blueprint enterprise architecture planning dan rekomendasi implementasi sistem informasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

techno-socio-ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

TECHNO-SOCIO EKONOMIKA (ISSN : 1979-4835 | E-ISSN : 2721-2335) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan April - bulan Oktober) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang keteknikan, sosial, dan ekonomika. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, ...