PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2021): Januari 2021

IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS III CAKRANEGARA

Christ Sarah (Universitas Mataram)
I Nyoman Karma (Universitas Mataram)
Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V gugus III Cakranegara. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pelajaran matematika sehingga guru dapat melakukan upaya perbaikan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan dapat menjadi gambaran bagi orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan wali kelas V di SDN 21 Cakranegara dan SDN Model Mataram yang berjumlah 37 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar siswa berminat dalam pelajaran matematika. Adapun faktor yang mempengaruhinya adalah yaitu 1) rasa ingin tahu siswa seperti materi yang menarik, penjelasan guru yang mudah dimengerti serta matematika merupakan pelajaran favorit, 2) motivasi siswa seperti siswa ingin membuktikan bahwa siswa mampu berprestasi serta ingin mendapatkan nilai bagus dan menjadi juara kelas, 3) faktor jasmani. Sedangkan faktor eksternal yaitu 1) lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua, relasi anggota keluarga, suasana rumah serta keadaan ekonomi keluarga, 2) faktor lingkungan sekolah yaitu strategi mengajar guru, hubungan antar siswa serta sarana dan prasarana di sekolah, 3) faktor lingkungan masyarakat berupa media massa serta kondisi lingkungan sekitar seperti teman bergaul.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...