JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 3, No 3 (2020)

Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa

Rohimah Rohimah (Universitas Lampung)
Riswandi Riswandi (Universitas Lampung)
Helmy Fitriawan (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2020

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran melalui e-learning yang memudahkan siswa kelas x di SMAN 1 Pagelaran dalam memahami konsep algoritma dan pemrograman yang selama ini menjadi masalah bagi siswa karena metode pembelajaran yang belum tepat dan belum memanfaatkan sumber belajar yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada 6 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain  produk, validasi desain, perbaikan desain,  uji coba produk. Pada uji validasi ahli media mendapat nilai rata-rata 3,46  dengan keterangan media layak, dan pada hasil pengujian oleh ahli materi rata-rata 3,58 dikatakan bahwa materi layak untuk digunakan, pada uji kemenarikan elearning yang dilakukan kepada 10 responden terdiri dari siswa dan guru mendapat nilai rata-rata 88% menunjukkan klasifikasi bahwa media e-learning sangat menarik digunakan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajatan informatika pada  materi algoritma dan pemrograman.Abstract: The purpose of this research is to develop learning media through e-learning that makes it easy for students of class X at SMAN 1 Pagelaran to understand the concepts of algorithms and programming that have been a problem for students because of the learning methods that are not appropriate and do not utilize existing learning resources. The method used in this development is Research and Development (R&D) developed by Sugiyono, this research only reached 6 stages: potential and problems, data collection, product design, design validation, design improvement, product trials. In the media expert validation test the average value of 3.46 with media information is appropriate to use, and the results of testing by material experts on average 3.58 said that the material is suitable for use in the product interesting test conducted on 10 respondents consisting of students and teachers got an average value of 88% shows the classification e-learning media is very interesting to be used to improve students' creative thinking on informatics subjects on algorithmic and programming.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jktp

Publisher

Subject

Other

Description

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikanis a journal in the field of educational technology which contains literature review, action reserach, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the ...