Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2021): Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021

PENINGKATAN PEMAHAMAN USTADZ/USTADZAH TENTANG GAYA BELAJAR SANTRI DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN

Suyitno Suyitno (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan)
Yayuk Hidayah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ustadz/ustadzah tentang gaya belajar santri di masa pandemi melalui optimalisasi kurikulum taman pendidikan alqur’an. Latar belakang pengabdian ini adalah adanya fenomena para santri yang belum dapat menyesuaikan diri dengan pembelajaran di taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi. Berdasarkan analisis kebutuhan yang tim pengabdian lakukan, terdapat kesulitan dalam beradaptasi dari para santri dengan pembelajaran di taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi. Ustadz/ustadzah di masa pandemi ini memerlukan inovasi yang lebih dalam hal penyampaian materi bagi santri, oleh sebab itu tim pengabdian melakukan pengabdian ini dengan tujuan agar ustadz/ustadzah memperoleh pemahaman mengenai gaya belajar santri yang kemudian harapannya ialah pembelajaran di taman pendidikan alqur’an dapat berjalan dengan lancar. Hasil pengabdian di analisis pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukan bahwa terdapat beberapa penyesuaian kurikulum yang harus di lakukan oleh taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi agar pembelajaran dapat optimal yaitu perencanaan waktu dalam belajar dan materi pembelajaran. Gaya belajar santri di masa pandemi menunjukan minat yang naik turun, Sebagian besar santri merasa kurang optimal karena berkurangnya tatap muka dengan ustadz/ustadzah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...