Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 18 No. 1 (2021): JBMI

Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019 Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen: Studi Pada Perusahaan Jasa Transportasi Digital Grab Indonesia

Erwin (Universitas Sulawesi Barat)
Taufik Hidayat B. Tahawa (Unknown)
Suciati (Unknown)
Riady Ibnu Khaldun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi dari Peraturan Menteri PM 12 2019 dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan serta Loyalitas Konsumen pada perusahaan jasa transportasi digital Grab Indonesia, penelitian ini menggunakan jumlah responden 112 konsumen. Instrumen penelitian ini telah melewati tahap uji Validitas dan Reabilitas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dioperasikan menggunakan Analysis of Moment Structural (AMOS). Hasil penelitian pada taraf 5% menunjukkan bahwa peraturan menteri PM 12 2019 terhadap kepuasan konsumen sebesar -0,073 < 1,96 dan nilai P 0,941 > 0,05, ini berarti bahwa karakteristik Peraturan Menteri PM 12 2019 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, peraturan menteri PM 12 2019 terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,272 > 1,96 dan nilai P 0,001 <ΒΈ0,05, ini berarti bahwa karakteristik peraturan menteri PM 12 2019 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen sebesar 7,057 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen sebesar -0,707 < 1,96 dan nilai P 0,48 > 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,427 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...