Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 4, No 2 (2019): Teks

GURU MAKIN MELEK LITERASI DIGITAL DI ERA PADEMI

Sugiarto Sugiarto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Artikel ini berjudul Guru Makin Melek Literasi Digital di Era Pandemi merupakan pembahasan mengenai guru masih belum memahami secara tepat literasi digital di era pademi. Tujuan artikel adalah menyikapi model pembelajaran yang tepat di era pademi. Memahami pengertian melek literasi digital yang benar. Menentukan posisi guru dan siswa untuk mencari kontruksi indentias diri sesuai literasi digital yang diharapkan. Kegiatan tatap layar melalui daring harus dilakukan di era pedemi ini. Artikel tersebut mengenai bagaimana upaya guru memahami makna guru harus melek literasi digital di era pademi untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring dibahas secara kualiutatif dan berisfat desktiptif. Hal-hak yang dideskripsikan dalam artikel ini adalah 1. Perubahan pola pembelajaran di era pandemic. 2. Pengertian melek literasi digital di era pademi. 3. Guru mampu mengkontruksi diri invidu dalam menyikapi literasi digital. 4. Kemampuan literasi digital yang dibutuhkan oleh guru. Kata kunci : Guru, Literasi Digital, Pandemi  ABSTRACT This article entitled Teachers Are Increasingly Being Digital Literacy in the Pandemic Era is a discussion about teachers who still do not properly understand digital literacy in the Pademic era. The purpose of the article is to address the appropriate learning model in the Pademi era. Understand the correct definition of digital literacy. Determine the position of teachers and students to look for self-induction construction according to the expected digital literacy. During a pandemic, learning activities must continue even though they are only done by looking at the screen online. The article about how teachers' efforts to understand the meaning of digital literacy teachers in the Pademi era to continue to carry out teaching and learning activities online are discussed qualitatively and are descriptive. The rights described in this article are 1. Changes in learning patterns in the pandemic era. 2. Definition of digital literacy in the Pademi era. 3. Teachers are able to construct individuals themselves in addressing digital literacy. 4. Digital literacy skills needed by teachers. Keywords: teacger, digital literacy, pandemic      (Body text setelah abstrak diformat dalam dua kolom dengan ketentuan lebar tiap- tiap kolom 6,5 cm, jarak antarkolom 1 cm, spasi 1, kertas berukuran A4 dengan ruang sisi 4 cm dari tepi kiri, 4 cm dari tepi atas, 3 cm dari tepi kanan dan bawah. Panjang naskah 12—18 halaman termasuk daftar pustaka, foto, dan table. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...