JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan

ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PENYAJIAN REKONSILIASI BANK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember Tahun Ajaran 2018/2019)

Lusia Septina Endita (Universitas Jember)
Titin Kartini (Universitas Jember)
Sri Kantun (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar penyajian rekonsiliasi bank pada siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 siswa kelas XI AK 2 SMK Al-Qodiri Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penyebab kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor internal yang meliputi dari keterampilan siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas rekonsiliasi bank, ketelitian siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank dan minat siswa terhadap pelajaran Akuntansi, sedangkan faktor eksternal yang meliputi cara guru mengajar dan sarana prasarana di sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...