Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia
Vol. 26 No. 1 (2021): Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia

Nilai Ekonomi Sampah di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Husnul Inayah (Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680)
Asti Istiqomah (Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu wisata bahari yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jumlah kunjungan wisatawan Pantai Tanjung Bira terus mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir dengan laju pertumbuhan tertinggi yaitu pada tahun 2018 sebesar 27,58%. Kondisi tersebut di satu sisi dapat meningkatkan perekonomian daerah, namun di sisi lain juga dapat memengaruhi kondisi lingkungan seperti meningkatnya jumlah timbulan sampah yang ada di kawasan wisata tersebut, baik sampah organik maupun anorganik.Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi potensi timbulan sampah yang dihasilkan kawasan wisata Pantai Tanjung Bira; dan 2) Mengestimasi nilai ekonomi sampah di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan pendekatan market price. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi timbulan sampah dari kegiatan wisata di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira sebesar 16.908,86 kg/tahun dimana mayoritas dihasilkan oleh wisatawan. Jenis sampah yang dihasilkan didominasi oleh sampah plastik baik yang bersumber dari wisatawan maupun pelaku usaha. Total nilai ekonomi sampah kawasan wisata Pantai Tanjung Bira yaitu Rp 20.298.215/tahun berasal dari sampah anorganik tidak diolah 97,60%, potensi plastik cacah 1,75%, dan potensi kompos 0,64%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Artikel yang dimuat meliputi hasil-hasil penelitian, analisis kebijakan, dan opini-opini yang berhubungan dengan pertanian dalam arti luas, seperti agronomi, ilmu tanah, hama dan penyakit tanamam, ilmu kehewanan, kedokteran veteriner, keteknikan pertanian, teknologi industri, teknologi pangan, ilmu ...