Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa SMP Negeri 1 Air Besar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak.
Copyrights © 2020