Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 2, No 2 (2020)

Efektivitas Metode Student Teams Achievement Divisions Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Derziberto Derziberto (STKIP Pamane Talino)
Pradipta Annurwanda (STKIP Pamane Talino)
Rizki Nurhana Friantini (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa SMP Negeri 1 Air Besar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sedang dan rendah, dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada bahasan operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Besar Kabupaten Landak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...