Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Balikpapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan kuesioner kemandirian belajar. Teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan uji asumsi klasik, normalitas, linieritas, dan heteroskedastisitas, selanjutnya di uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. diperoleh 0,000 < nilai taraf signifikan (α) yaitu 0,05 sehingga dapat diketahui terdapat pengaruh kemandirian belajar matematika terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 9 Balikpapan, dengan pengaruhnya sebesar 76,8% yang ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi (R2), dan sisanya sebesar 23,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.
Copyrights © 2021