Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 3, No 1 (2021)

Efektivitas metode Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika

Iyus Iyus (STKIP Pamane Talino)
Pradipta Annurwanda (STKIP Pamane Talino)
Bernadeta Ritawati (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP GKE Sidas tahun pelajaran 2019/2020 Kabupaten Landak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP GKE Sidas dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 60,37 dan untuk kelas kontrol adalah 55,57. Hasil uji-t dengan uji sampel independen diperoleh t_hitung 3,726 dan t_ tabel 2,007 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP GKE Sidas tahun ajaran baru. gunakan tahun ajaran 2019/2020 Kabupaten Landak. Sehingga pembelajaran menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada metode konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...