Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bercerita dengan menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV Tema kayanya negeriku di SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara. Model Paired Story Telling dipilih dikarenakan pada dasarnya model tersebut kreatif dalam membantu mengembangkan potensi bercerita siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Damarjati pada kelas IV dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan tes kemampuan bercerita. Desain yang digunakan penelitian adalah 0ne-Group-Pretest-Posttest dan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian berupa indikator kemampuan bercerita yang diturunkan dari aspek nonkebahasaan. Hasil ketuntasan klasikal belajar Pretest-Posttest terdapat perbedaan dari 32% menjadi 76%. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan ketrampilan bercerita setelah menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara.Kata Kunci : model Paired Story Telling, kearifan lokal, ketrampilan becerita.
Copyrights © 2021