DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

Implementasi Model Paired Story Telling Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketrampilan Bercerita Siswa Kelas IV Tema Kayanya Negeriku SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara

Tyas Anggun Firdausia (Universitas PGRI Semarang)
Filia Prima Artharina (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Arief Budiman (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bercerita dengan menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV Tema kayanya negeriku di SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara. Model Paired Story Telling dipilih dikarenakan pada dasarnya model tersebut kreatif dalam membantu mengembangkan potensi bercerita siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Damarjati pada kelas IV dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan tes kemampuan bercerita. Desain yang digunakan penelitian adalah 0ne-Group-Pretest-Posttest dan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian berupa indikator kemampuan bercerita yang diturunkan dari aspek nonkebahasaan. Hasil ketuntasan klasikal belajar Pretest-Posttest terdapat perbedaan dari 32% menjadi 76%. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan ketrampilan bercerita setelah menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara.Kata Kunci : model Paired Story Telling, kearifan lokal, ketrampilan becerita.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...