Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 6, No 1 (2021): Mei

Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton melalui Model Learning Cycle 7E dalam Kerangka PCK

Dinda Taruna Nagara (Universitas Negeri Malang)
Endang Purwaningsih (Unknown)
Markus Diantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar fisika dengan model learning cycle 7E terintegerasi PCK pada materi hukum Newton yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase kelayakan sebesar 86,26% (sangat baik). Dengan demikian bahan ajar PCK learning cycle 7E layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 93,27% (sangat praktis). Hasil uji Mann-Whitney pada nilai posttest kelas kontrol diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,250 dan kelas eksperimen nilai Asymp. Sig sebesar 0,024. Hasil analisis uji Mann-Whitney memberikan informasi bahwa terdapat perbedaan nilai Asymp.Sig kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Beradasarkan hasil analisis uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...