Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dengan menggunakan media meja belajar sekolah pada siswa kelas IV SDN Pengkol 1 Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pengkol 1 Kecamatan mantingan yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa putri dan 8 siswa putra. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media meja belajar dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dari Dari daftar antar siklus menunjukkan hasil peningkatan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran renang gaya dada. Dari tabel siklus di atas dikatahui bahwasannya siswa – siswi di SDN Pengkol 1 yang berjumlah 20 siswa pada pra siklus di atas adalah sebesar 20 %, siklus I 60 %, siklus II 90 %.berdasarkan data presentase tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Peningkatan presentase dari pra siklus ke siklus I adalah 40 %.sedangkan dari siklus I ke siklus II adalah 30 %.Pencapaian presentase yang paling banyak pada siklus II yaitu 90 %. Dengan demikian pelaksanaan tindakan melalui penggunaan media meja belajar sekolah dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pengkol 1Kecamatan Mantingan.Kata Kunci :Media meja belajar sekolah, hasil belajar ,renang gaya dada
Copyrights © 2020