Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 2 No 3: Agustus 2021

ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE

Wahyu Setyo Ningsih (Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang)
Ita Rahmawati (Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Analisis Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Pada Online Shop “Shopee” di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitaas KH. A. Wahab Hasbullah. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling sejumlah 90 responden. hasil dalam penelitian ini pada analisis regresi linier berganda dapat diketahui Nilai R square = 0,467 menunjukkan bahwa variabel X dapat menjelaskan variabel Y sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dijelaskan oleh faktor lain, dan dalam uji f dapat diketahui nilai F hitung (25,089) > F tabel (0,271) dan nilai Sig. (0,000) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dalam uji T dijelaskan bahwa nilai t hitung variabel X1 (Faktor Psikologi) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian) sebesar 3,613 lebih besar dari t tabel sebesar 1,678 dengan nilai signifikansi t = 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Dengan demikian dapat diketahui bahwa faktor psikologis dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada online shop shopee di mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...