Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IVb SDN96 KENDARI

Abindarda, Abindarda (Unknown)
Suardika, I Ketut (Unknown)
Anse, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb  SDN 96 Kendari melalui penerapan model pembelajaran Mid Mapping pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan”. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 bertempat di Kelas IVb SDN 96 Kendari. Jumlah siswa kelas IVb sebanyak 23 orang, terdiri atas 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasisi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 16 dari  23 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal atau 69,57% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,88. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan  yaitu terdapat 21 dari 23 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan belajar atau 91,30% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 87,43.Kata Kunci: Model Pembelajaran; Mind Mapping;  Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...