Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA

Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang

Desy Kusumawati (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sa`odah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Jumlah seluruh populasi adalah 60 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple cluster sampling yang ambil sebanyak 30 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket yang sebelumnya sudah diuji validitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, yang diawali dengan uji normalitas chi kuadrat dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka (X) dengan rasa percaya diri (Y). hal ini terbukti dengan dilakukannya uji korelasi product moment sebesar 0,63 yaitu berarti berada pada interval 0,60-0,799 yang berarti memiliki korelasi tinggi. Untuk uji hipotesis diperoleh data untuk nilai t_hitung sebesar 4,290 sedangkan t_tabel (0,05) sebesar 2,048. Hal ini menunjukan bahwa nilai t_hitung ≥ t_tabel yang berarti H_0 ditolak. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang erat antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

belaindika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...