Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA

Peran Guru dalam Penegakan Nilai-Nilai Hak Asasi Manusia pada Peserta Didik

Abdul Rozaq Sholeh (SDN 1 Sumur, Tamansari, Boyolali)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peranan guru dalam penegakan hak asasi manusia (HAM) pada peserta didik sekolah dasar di Tamansari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilaksanakan di sekolah dasar kelas IV dimana peneliti mengumpulkan data melalui observasi, interview dan dokumen. Hasil dari penelitian adalah bahwa peran guru sangatlah penting disamping peran dari orang tua dari peserta didik itu sendiri. Guru sudah melaksanakan pelaksanaan nilai-nilai hak asasi manusia pada peserta didik dalam pembelajaran dengan baik, guru sudah memberikan kepada peserta didik dengan pendidikan yang baik, perhatian kepada peserta didik, memfasilitasi pembelajaran, dan peduli. Dan peranan guru dalam penegakan hak asasi manusia pada peserta didik adalah ikut dalam pembelajaran, karena pembelajaran dapat mencakup nilai-nilai hak asasi manusia terutama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diharapkan peserta didik dapat menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan. Guru juga harus mempunyai sifat dinamis dan cepat mengikuti perkembangan jaman sehingga peserta didik menjadi manusia yang good and smart citizenship.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

belaindika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...