Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self confidence dan self awareness terhadap variabel komunikasi efektif, aspek tersebut menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi SDM di era industri saat ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Mahasiswa Psikologi UINSA yang masih aktif dalam tahun ajaran 2020-2021. Analisa data yang digunakan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hubungan self confidence dan self awareness dan komunikasi efektif adalah sangat signifikan, terlihat dari nilai F sebesar 17,268 dengan nilai p adalah 0,000 (< 0,05). Variabel self confidence dan self awareness masing-masing memiliki nilai koefisien korelasi 0,393 dan 0,453 terhadap variabel Komunikasi. Hasil uji hipotesis didapatkan kesimpulan bahwa self confidence dan self awareness berhubungan positif terhadap variabel komunikasi efektif dan berdasarkan nilai korelasi dapat dikatakan bahwa self awareness lebih berpengaruh terhadap komunikasi efektif. R Square sebesar 0,263 menunjukkan self confidence dan self awareness secara simultan memberikan kontribusi dalam mempengaruhi komunikasi efektif sebesar 26,3%, sedangkan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain.
Copyrights © 2021