Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH

KONSEP MARKETING MIX SYARIAH

Patah Abdul Syukur (Unknown)
Fahmi Syahbudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

ABSTRAK. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah. Penilaian konsep marketing mix yang sesuai syariah ini menilai variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan konsep marketing mix syariah, serta sebagai kontribusi keilmuan berkaitan dengan marketing mix syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori marketing, marketing mix, serta teori tentang muamalah yangsesuai dengan syariah. Penelitian ini memfokuskan pada penilaian marketing mix dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka baik bersumber data buku ataupun jurnal, sedangkan untuk aspek penilaiannya yaitu ditinjau dari Al -Qur’an, Hadits, Ijtihad para ulama, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menghasilkan konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah meliputi variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) yang telah disesuaikan dengan aturan-aturan dalam muamalah islam, penelitian ini juga sebagai saran bagi para pelaku bisnis yang ingin menjalankan bisnisnya sesuai syariat Islam. Sehingga konsep marketing mix syariah ini memiliki perbedaan dengan marketing mix pada umumnya karena telah disesuaikan dengan aturan muamalah dalam islam.Kata kunci: marketing, marketing mix, marketing mix syariahABSTRACT. The main issues will be discussed in writing this is how theconcept of marketing mix according to sharia. Assessment the concept ofmarketing mix appropriate sharia this assess variable product, price, place, and promotion into rules muamalah in Islam. The purpose of this study is to find and explain the sharia marketing mix, and as a contribution scientific per taining to sharia marketing mix. A theory that used in this research that is the theory marketing, marketing mix, and a theory about muamalah in accordance with sharia. Methods used in this research is a literature study good sourced data book or journal , while on the aspect of this assessment that is in terms of the Al-Qur’an, Hadith, ijtihad ulama, and the work of scientific relating to the study.This research come up with concepts marketing mix according to shariacovering variable product, price, place, and promotion that has been adjusted for rules in Islamic him, the research also as a suggestion for actors businesses that would like to run business in accordance Islamic sharia. So that the concept of sharia marketing mix it has different to marketing mix in general because has been adjusted for rules him in Islam.Keywords: marketing, marketing mix, sharia marketing mix

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jeps

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah is a scholarly journal published by Islamic Banking Department, School of Islamic Economics STEI SEBI The JEPS journal has been issued since 2013 and it’s have published twice in a year in April and October. The journal has been publishing scholarly papers ...