Latar belakang penelitian ini adalah jumlah pasien yang membatalkan rawat jalan di Rumah Sakit Awal Bros Batam yang mungkin disebabkan oleh masa tunggu yang lama, angkanya berkisar dari 4% bulan dari total kunjungan. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kualitas layanan dan penghancuran kinerja rumah sakit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui penyebab pasien lama menunggu dengan melakukan penelitian di sub-unit yang relevan di unit rawat jalan pengamatan langsung , wawancara mendalam dan tinjauan dokumen. Berdasarkan hasil, sub-unit yang berkontribusi besar terhadap lama menunggu pasien adalah subunit Rekam Medis selama proses file persiapan file Rekam Medis dan dalam penelitian ini, terlalu banyak waktu setiap proses melalui mana pasien sehingga dapat digunakan sebagai pedoman untuk standar waktu perawatan pasien Rumah Sakit Awal Bros Batam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sebagai unit Rawat Jalan yang terdiri dari sub-unit sub unit, diperlukan prosedur operasi standar yang menetapkan keseluruhan sebagai satu unit untuk layanan di Rumah Sakit, sehingga memudahkan koordinasi dan evaluasi layanan.
Copyrights © 2019