Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SD JETIS

Surtiyani Surtiyani (SD Jetis Bantul)



Article Info

Publish Date
02 May 2016

Abstract

Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini dilaksanakan pada bulan September 2013 di SD Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dengan judul Implementasu Pembelajaran Tematik Tema Kegemaranku Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SD Jetis. Obyek penelitian adalah kegiatan pembelajaran siswa kelas I SD Jetis, pada semester gasal tahun pelajaran : 2013-2014. Hasil pengamatan keadaan sebelum dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran, menunjukkan bahwa proses pembelajaran menunjukkan motivasi dan prestasi belajar siswa masih rendah. Berdasar keadaan di atas diperlukan upaya peningkatan motivasi siswa agar prestasi belajarnya menjadi lebih baik. Penelitian dimulai dari penyusunan perencanaan, sosialisasi, dan implementasi dalam pembelajaran. Hasil tindakan perbaikan direfleksikan bersama kolaborator untuk dilakukan evaluasi dan menyusun perencanaan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Kegiatan ini dilakukan sampai dua siklus dimana hasil refleksi dan evaluasi telah mencapai hipotesis terpenuhi. Hipotesis tindakan penelitian perbaikan pembelajaran ditetapkan : Implementasi pembelajaran tematik dengan tema kegemaranku sebagai upaya peningkatan motivasi dan prestasi belar siswa dapat menjadi baik. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada siklus II ternyata telah terbukti tindakan perbaikan yang diupayakan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas I SD Jetis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...