Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 6 No 1 (2021): Edisi Januari 2021

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring Biologi melalui Home Based Experiment Model Inquiry Based Learning

Nanik Yuniastuti (SMA Negeri 2 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran daring home based experiment model Inquiry Based Learning pada materi metabolisme. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA7 di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes tulis secara daring. Model Inquiry Based Learning dilakukan melalui tahapan : 1) discovery learning; 2) interactive demonstration; 3) inquiry lesson; 4) inquiry laboratory; dan 5) real-world applications. Data yang terkumpul dari instrumen penelitian pada siklus pertama, selanjutnya dibandingkan dengan data pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring home based experiment model Inquiry Based Learning telah meningkatkan 1) rerata motivasi belajar peserta didik sebesar 0,2 poin, yaitu dari 3,8 menjadi 4, terutama pada indikator motivasi karir (career motivation); 2) meningkatkan rerata sikap karakter peserta didik sebesar 0,2 poin dari 3,8 menjadi 4, terutama pada indikator karakter daya juang; 3) meningkatkan nilai rerata proyek home based experiment sebesar 1,93 poin, yaitu dari 96,13 menjadi 98,06 ; dan 4) meningkatkan nilai rerata penilaian harian peserta didik sebesar 2,42 poin, dari 74,19 menjadi 76,61. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring home based experiment model Inquiry Based Learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XII MIIA7 di SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...