Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 6 No 3 (2021): Edisi September 2021

Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ

Fadiyah Suryani (SMA Negeri 5 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemantauan karakter siswa berbasis program afeksi pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan metode mentoring. Subjek penelitian ini adalah guru SMAN 5 Yogyakarta yang mendapat tugas sebagai wali kelas X, XI dan XII. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk siklus melalui empat tahapan, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi terhadap proses pembimbingan mentor kepada mentee. Untuk memberikan makna keberhasilan tindakan digunakan kriteria yaitu tindakan dinyatakan berhasil apabila setelah tindakan ada peningkatan kompetensi guru dalam memantau karakter siswa berbasis program afeksi pada masa PJJ mencapai rata-rata minimal 80 dan kompetensi mentor dalam melaksanakan mentoring pemantauan karakter siswa berbasis program afeksi selama PJJ mencapai rata-rata minimal 90. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemantauan karakter siswa berbasis program afeksi pada masa PJJ dengan menerapkan metode mentoring dapat meningkatkan kompetensi guru, yaitu kompetensi guru dalam pemantauan karakter siswa kelas X, XI dan XII oleh guru pada siklus I 67,1 dan pada siklus II sebesar 84,5, kompetensi mentor dalam memahami metode mentoring pada siklus I 86 dan pada siklus II sebesar 92,5 dengan kategori amat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...