Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 6 No 3 (2021): Edisi September 2021

Hubungan Antara Stres Akademik dan Student Engagement Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

Rita Nunung Tri Kusyanti (SMA Negeri 1 Tempel, Sleman, DIY)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan student engagement siswa SMA pada masa pandemi. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang negatif antara stres akademik dan keterlibatan siswa atau student engagement, artinya semakin tinggi stress akademik semakin rendah nilai student engagement. Subyek penelitian berjumlah 180 siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Tempel Sleman. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala stres akademik dan skala student engagement yang sudah diadaptasi dan dikembangkan oleh peneliti. Skala stres akademik memiliki koefisien reliabilitas 0,921 dan skala student engagement memiliki koefisien reliabilitas 0,738. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment Pearson karena sebaran data kedua variabel normal dan mempunyai hubungan yang linear. Hasil uji korelasi menggunakan uji korelasi product moment berdasarkan nilai signifikasi (2-tailed) adalah sebesar 0,599 > 0,05, berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel stres akademik dengan variabel student engagement. Hasil nilai r hitung (Pearson correlation) adalah - 0,39 artinya nilai 0,39 tersebut lebih besar dari r tabel 0,148 maka kedua variabel stres akademik dan student engagement mempunyai hubungan, kekuatan hubungan stres akademik dan student engagement pada masa pandemi di SMAN 1 Tempel mempunyai hubungan yang rendah. Kedua variabel mempunyai hubungan yang negatif karena nilai Pearson correlation bertanda negatif artinya bila student engagement rendah maka stres akademik tinggi atau bila stres akademik rendah maka student engagement pada pembelajaran jarak jauh tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...