Jurnal Sains Dasar
Vol 10, No 1 (2021): April 2021

Aplikasi Dekomposisi Nilai Singular dan Transformasi Kosinus Diskrit untuk Perbaikan Kualitas Citra Satelit Landsat

Yori Kurniasari (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Karyati Karyati (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 May 2021

Abstract

Citra landsat (land satellite) merupakan data citra area daratan dan lautan di bumi. Data citra tersebut tersedia dalam Sistem Informasi Geografis (SIG). Banyaknya aplikasi SIG menyebabkan adanya perbedaan kualitas citra satelit landsat. Buruknya kualitas citra satelit yang diperoleh dapat menyusahkan beberapa pihak yang membutuhkan letak geografis dengan jelas. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perbaikan kualitas suatu citra satelit. Pada penelitian ini menggunakan dua tahapan metode yaitu dengan transformasi kosinus diskrit dan dekomposisi nilai singular. Tahapan pertama dengan transformasi kosinus diskrit yang bertujuan untuk mengurangi gangguan dasar citra dengan membaginya menjadi beberapa komponen dasar. Tahapan kedua dengan dekomposisi nilai singular yang merupakan metode untuk mengekspos struktur citra sehingga dapat diketahui beberapa properti penting dari suatu matriks. Dengan kedua tahapan tersebut, dapat dilakukan proses perhitungan secara matematis dan aplikatif dalam proses perbaikan kualitas citra satelit. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi perbaikan kualitas citra satelit landsat.Kata kunci: kualitas citra, citra landsat, transformasi kosinus diskrit, dekomposisi nilai singular

Copyrights © 2021