Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 13 No 2 (2016)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Penggunaan Media Wayang Kartun dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Taufiq, Opik (Unknown)
Nurteti, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2017

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah Rijalul Hikam adalah Bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini di antaranya mempelajari tentang keterampilan menyimak yang kemudian dihususkan dengan menyimak dongeng. Siswa diharapkan mampu memahami semua materi tersebut dengan baik. Namun kenyataannya di kelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan jatinagara Kabupaten Ciamis pembelajaran Bahasa Indonesia masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa indonesia hususnya menyimak. Motivasi sangat berpengaruh dalam pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Permasalahan ini disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga motivasi siswa untuk belajar masih rendah. Salah satu media pembelajaran yang bisa menjadi alternatif adalah media pembelajaran wayang kartun.Permasalahan yang muncul adalah: Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media wayang kartun dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara? Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penggunaan media wayang kartun. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah lazim digunakan dengan empat tahapan yang dilalui, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 78,5, siklus II 85 dan siklus III mencapai 99. Setelah menggunakan media wayang kartun ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...