JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 12, No 2 (2020): JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, DESEMBER

Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi

Trisni Andayani (Universitas Negeri Medan)
Harun Sitompul (Universitas Negeri Medan)
Julaga Situmorang (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2020

Abstract

Telah dilakukan pengembangan model pembelajaran hybrid learning dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada matakuliah Pengantar Sosiologi. Model pembelajaran hybrid Learning dengan pendekatan PBL matakuliah Pengantar adalah pembelajaran yang secara khusus dipergunakan pada perkuliahan tatap muka dan online di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Tujuan dari pengembangan model pembelajaran ini adalah agar dapat memberikan pedoman bagi dosen pengampu matakuliah Pengantar Sosiologi maupun mahasiswa dalam merencanakan, mengelola, mengembangkan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran.Dengan diintegrasikannya model hybird learning dan PBL dalam pembelajaran  dapat meningkatkan pemahaman materi ajar dan capaian hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini telah berhasil merancang buku model, rencana pelaksanaan pembelajara, bahan ajar cetak dan bahan aajar non cetak yang telah divalidasi ahli. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jupiis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JUPIIS is a Journal of Social Science Education for information and communication resources for academics, and observers of Educational Social Sciences, Social Sciences, Political Sciences, Methodology of Social Sciences and Social Work. The published paper is the result of research, reflection, and ...