Abdimas
Vol 24, No 3 (2020): December

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN KELOMPOK IBU-IBU PKK DESA KANIGORO

Adiputra, Andre Kussuma (Unknown)
Ngaisah, Rr. Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2021

Abstract

Desa Kanigoro yang terletak di pesisir pantai dengan penduduk yang sebagian besar nelayan, sehingga memiliki potensi sumber daya ikan untuk dikembangkan. Hasil tangkapan ikan selain dijual juga diolah oleh ibu-ibu PKK menjadi Abon dan Nugget. Olahan ikan ini berpotensi menjadi produk unggulan bagi Desa Kanigoro. Analisis situasi yang dilakukan, diketahui bahwa saat ini pemasaran Abon dan Nugget masih terbatas. Permasalahan pemasaran produk Abon dan Nugget Ikan dikarenakan terbatasnya cakupan pemasaran dan kemasan produk yang sederhana dan tidak menarik. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah dengan meningkatkan kemampuan pemasaran dengan memberikan pelatihan pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial Facebook. Untuk permasalahan desain kemasan produk yang masih sederhana, dilakukan pendampingan desain ulang kemasan produk, pendampingan analisis kandungan nilai gizi yang nanti hasilnya akan dicantumkan dalam kemasan dan pendampingan pengurusan ijin PIRT dari Dinas Kesehatan untuk meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebuah toko online di facebook tempat memajang produk dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hasil kedua adalah kemasan abon dan nugget ulang yang telah didesain ulang dengan tampilan yang menarik, menampilkan kadungan nilai gizi dan ijin PIRT dari Dinas Kesehatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang sebagai wahana komunikasi penerapan ilmu pengetahuan teknologi, olahraga, budaya dan seni dalam memberdayakan ...