Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Google Classroom ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,455. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db= 54 yaitu 1,673. Berdasarkan nilai thitung> ttabel maka di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom terdapat perbedaan/efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau.
Copyrights © 2020