Jurnal Akademik Pendidikan Matematika
Volume 6, Nomor 2, November 2020

Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Baubau

Icha Puspta Saputri Ode (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Artati Iriana (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sangat tinggi dapat memenuhi semua indikator secara lengkap yaitu indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep, mengidenfikasi sifat-sifat operasi atau konsep, menerapkan konsep secara logis, memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagi macam bentuk operasi representasi matematis, mengembangan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. siswa dengan kategori kemampuan metakognisi tinggi hanya dapat memenuhi lima indikator dari enam indikator. Dan siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sedang hanya dapat memenuhi satu indikator yaitu memberikan contoh atau dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik ...