Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 6, No 2 (2020): November

Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Angga Damayanto (Pendidikan Luar Biasa - Universitas Negeri Yogyakarta)
Wening Prabawati (Pendidikan Luar Biasa - Universitas Negeri Yogyakarta)
Muhammad Nurrohman Jauhari (Pendidikan Khusus - Universitas PGRI Adi Buana)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kasus bullying yang ada di SMP Negeri 36 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Tempat penelitian yakni di SMP Negeri 36 Surabaya. Teknik pengumpulan data memalui wawancara dan observasi. Analisis data melalui reduksi, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bentuk perilaku bullying yang ada adalah bullying secara verbal, fisik, dan mental/psikologis. Motivasi dari perilaku bullying tersebut dilatarbelakangi oleh adanya rasa senang yang muncul dalam diri pelaku, mencari perhatian baik dari guru maupun teman, menghindari kegiatan belajar, dan menginginkan uang. Dampak yang muncul dari adanya bullying adalah kegiatan pembelajaran menjadi terganggu, peserta didik tidak bisa mengikuti pembelajaran, peserta didik tidak mau masuk ke kelas, peserta didik tidak mau berangkat ke sekolah. Pihak sekolah sudah melakukan upaya dalam mencegah bullying terjadi kembali yakni melalui kegiatan sosialisasi dari pihak sekolah kepada orang tua dan peserta didik mengenai kondisi dan penerimaan keberagaman dari peserta didik. Selain itu pendidikan juga melakukan pengaturan ruang kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung baik sehingga bullying tidak terjadi lagi. This study aims to determine cases of bullying in SMP Negeri 36 Surabaya. This research is a qualitative research with descriptive research type. The subjects of this study are educators, students, and school principals. The place of research is at SMP Negeri 36 Surabaya. Data collection techniques through interviews and observations. Data analysis through reduction, data display, and drawing conclusions. The results of this study are the forms of bullying behavior that are verbal, physical, and mental / psychological bullying. The motivation of the bullying behavior is motivated by a sense of pleasure that arises in the offender, seeking attention from both teachers and friends, avoiding learning activities, and wanting money. The impact arising from the bullying is that learning activities become disrupted, students cannot participate in learning, students do not want to go to class, students do not want to go to school. The school has made efforts to prevent bullying from happening again, namely through socialization activities from the school to parents and students regarding the conditions and diversity acceptance from students. In addition, education also arranges classrooms so that learning activities can take place well so that bullying does not happen again

Copyrights © 2020