SCAN
Vol 16, No 1 (2021): Februari 2021

APLIKASI PERMAINAN EDUKASI ANAK MENGEJA DALAM BAHASA INGGRIS (SPELLING & FUN) BERBASIS ANDROID

Suryani, Dedik (Unknown)
Winardi, Slamet (Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama Surabaya)
Mas Diyasa, I Gede Susrama (Sains Data, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perancangan permainan edukasi anak dalam mengeja kata benda dalam Bahasa inggris berbasis android dengan menggunakan unity game enggine. Permainan edukasi anak ini dapat membantu orang tua dalam mengajari anak mengenal kata benda dalam Bahasa inggris melalui sebuah permainan, serta menjalin komunikasi orangtua-anak dalam bermain bersama. Permainan edukasi ini diharapkan mampu menjadi media pembelajaran anak yang menghibur dan menyenangkan pada masa pandemi saat ini. Analisis permasalahan dilakukan dengan cara melakukan pemilihan media gambar, musik, dan animasi yang disukai anak-anak. . Dalam perancangan permainan edukasi ini digunakan control drag and drop dalam pengoprasiannya. Fitur utama dari permainan ini adalah menyusun huruf yang diacak pada kolom bagian atas sehingga terbentuk sebuah kata di kolom bagian bawah dengan petunjuk gambar disampingnya. Perancangan permainan edukasi ini dilakukan dengan menggunakan Unity game engine yang kemudian diubah kedalam bentuk apk file sehingga bisa dijalankan pada perangkat android. Hasil dari penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi permainan edukasi yang bernama Spelling & Fun yang dapat digunakan orangtua atau guru untuk menjalin komunikasi dan bermain bersama anak-anak DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v16i1.2534

Copyrights © 2021