Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran melalui permaian pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode model pengembangan Research Development (R D). Subyek penelitiannya siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak berjumlah 30 siswa putra. Pada teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan pengukuran sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar angket, rancangan / draf model dan bentuk tes psikomotorik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas model pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan permainan secara keseluruhan 1.490 : 1800 = 0,82 atau 82 % dari kriteria yang diharapkan. Berdasarkan nilai psikomototrik siswa yang memperoleh nilai 80 (sangan baik) adalah 26 anak dan 4 anak nilai 60 – 79 (baik) jadi pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan permainan sangat efektif dilakukan karena telah berhasil dikuasai siswa
Copyrights © 2021