Shautut Tarbiyah
Vol 26, No 2 (2020): Education in Islamic Societies

Pengelolaan Tenaga Pendidik pada Lembaga Pendidikan Nonformal Bidang Keagamaan Islam

Syahrul Syahrul (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari)
Yuniarni Yuniarni (IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan menggambarkan pengelolaan tenaga pendidik pada lembaga pendidikan nonformal bidang keagamaan Islam, yang meliputi lima aspek kajian yaitu: 1) Perencanaan tenaga pendidik; 2) Pengorganisasian tenaga pendidik; 3) Pengarahan tenaga pendidik; 4) Pengembangan tenaga pendidik; dan 5) Pemberhentian tenaga pendidik. Penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Fitri Kendari melalui pendekatan kualitatif dengan metode naratif. Penelitian ini menemukan: pertama, perencanaan yang dilakukan melalui analisis faktor kebutuhan sumber daya pendidik kemudian menentukan kebutuhan sumber daya pendidik, perencanaan juga dilakukan pada rapat awal tahun di mana di dalamnya membahas hal-hal yang perlu dibenahi yaitu materi pembelajaran, sarana dan prasarana dan ujian santri. Kedua, Pengorganisasian dengan membagi setiap tenaga pendidik untuk bertanggungjawan terhadap level/kelas masing-masing sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan memberikan tugas tambahan kepada guru untuk menduduki jabatan sebagai sekertaris dan bendahara. Ketiga, Pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan mengacu pada dua aspek yaitu kedisiplinan dan tanggungjawab tenaga pendidik. Keempat, Pengembangan dilakukan melalui rotasi jabatan dan peembelajaran secara berkelompok yang melibatkan semua guru-guru TPQ. Kelima, Pemberhentian tenaga pendidik di dasari oleh kemauan dari guru itu sendiri dengan faktor yang berbeda-beda. Abstract            This article aims to describe the management of teaching staff in non-formal educational institutions in the Islamic religious sector, which includes five aspects of study, namely: 1) Planning for educators; 2) Organizing of educators; 3) Direction of educators; 4) Development of educators; and 5) Termination of educators. This research was conducted at TPQ Nurul Fitri Kendari through a qualitative approach with a narrative method. This study found: first, planning is carried out through the analysis of the factor of teacher resource needs, then determining the need for educators, planning is also carried out at the initial meeting of the year where it discusses things that need to be addressed, namely learning materials, facilities and infrastructure and examinations. Students. Second, Organizing by dividing each teaching staff to be responsible for their respective levels / classes according to their quality and giving additional assignments to teachers to occupy positions as secretary and treasurer. Third, the direction carried out by the leadership refers to two aspects, namely the discipline and responsibility of the teaching staff. Fourth, development is carried out through job rotation and group learning that involves all TPQ teachers. Fifth, dismissal of teaching staff is based on the willingness of the teachers themselves with different factors. Keywords: Management, Educators, NonFormal Education, TPQ

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

shautut-tarbiyah

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Shautut Tarbiyah adalah satu dari banyak jurnal yang ada di IAIN Kendari yang membahas Ilmu-Ilmu Sosial dan ...