Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Debate di Kota Makassar

Sukma Wati (Universitas Megarezky Makassar, Indonesia)
Satriawati Satriawati (Universitas Megarezky Makassar, Indonesia)
Muh. Khaedar (Universitas Megarezky Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Pendidikan dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik dengan mengacu pada kurikulum yang ditetapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan para guru untuk meningkatkan kemampuan siswa yaitu model pembelajaran Debate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran debate untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Bangkala III sebanyak 27 orang siswa. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil lembar observasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bangkala III pada siklus I nilai ketuntasan 56,26% berada pada kategori sangat kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II nilai ketuntasan 89 % berada pada kategori baik sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model  pembelajaran  debate dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V SD Bangkala III pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...