Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication

Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19

Rita Fitriani (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan sistem pendidikan harus beradaptasi dengan kondisi pandemi tersebut. Pembelajaran yang sebelumnya tatap muka diubah menjadi pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring bisa dilaksanakan melalui berbagai platform seperti Zoom, Googleclassroom, WhatsApp, Googleform, dan sebagainya. Perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring ini terjadi secara tiba-tiba akibat pandemi Covid-19. Oleh sebab itu perlu adanya kesiapan dari mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran secara daring, khususnya pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi kesiapan mahasiswa calon guru mengikuti pembelajaran fisika secara daring saat pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan kimia FKIP UMRAH yang mengambil mata kuliah Fisika Umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner melalui googleform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah siap melaksanakan pembelajaran fisika secara daring saat pandemi Covid-19 ini. Hal ini ditinjau dari kesiapan lokasi pembelajaran daring, motivasi, sumber belajar, infrastruktur, literasi teknologi, kualitas interaksi akademik secara online, manfaat, faktor pendukung pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...