The Journal of Hospital Accreditation (JHA)
Vol 2 No 02 (2020): Person-Patient-Family-Community Centered Care

Person-Patient-Family-Community Centered Care Semakin Penting

Adi Utarini (Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2020

Abstract

Situasi pandemi memberikan ancaman serius dalam pemberian pelayanan individual, terutama bagi pasien dengan infeksi virus Corona yang dirawat inap di rumah sakit. Aspek medis (diagnosis dan pengobatan) yang merupakan subtansi utama pelayanan masih menimbulkan tantangan dalam penatalaksanaan pasien dengan infeksi virus Corona. Namun pada situasi yang kompleks ini, pemberian pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kebutuhan individual setiap manusia-pasien justru menjadi semakin penting. Setiap orang (termasuk pasien) membutuhkan dukungan yang lebih besar dan berarti dari keluarga dan masyarakat, serta tenaga kesehatan. Beberapa istilah sering digunakan dan memiliki makna, prinsip dan aktivitas yang berbeda, namun tumpang tindih atau merupakan suatu kontinum: person-centered care, patient-centered care dan family-centered care.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JHA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal ini diperuntukan untuk sosialisasi artikel ilmiah terkait dengan pengembangan, penerapan dan evaluasi sistem akreditasi rumah sakit, termasuk didalamnya artikel ilmiah tentang regulasi akreditasi, standar akreditasi, manajemen lembaga akreditasi, surveior akreditasi, dan berbagai hal lain ...