EKSPANSI
Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Ekspansi November 2020

Kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah berdasarkan Sharia Maqashid Index (Studi pada BPRS di Provinsi Jawa Barat Tahun 2016-2018)

Aneu Cakhyaneu (Unknown)
Fani Puspitasari (-)
Heraeni Tanuatmodjo (Unknown)
Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Perbankan syariah memerlukan sebuah pengukuran kinerja yang melihat dari aspek syariah atau maqashid syariah yang bertujuan untuk mewujudkan tujuan syariah yaitu menciptakan kesejahteraan ummat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah berdasarkan Sharia Maqashid Index (SMI) dengan menggunakan metode Simple Additive Weighthing Method (SAW). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan dengan objek yang akan diteliti yaitu sebelas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Provinsi Jawa barat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa yang memiliki kinerja terbaik berdasarkan Sharia Maqashid Index (SMI) yaitu BPRS Artha Karimah Irsyadi Kota Bekasi. Hal ini dikarenakan BPRS Artha Karimah Irsyadi Kota Bekasi telah didukung oleh perolehan nilai tertinggi dalam pencapaian indikator kinerja tujuan pertama (Tahdzib Al fard). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi instansi terkait untuk menerapkan pengukuran kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang sesuai dengan konsep maqashid syariah serta dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan yang sesuai dengan konsep syariah yang akan di gunakan kedepannya. Kata Kunci: Sharia Maqashid Index, Tahdzib Al-Fard, Iqamah Al-Adl, Jalb Al-Maslahah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Ekspansi journal (Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi), with registered number ISSN 2085-5230(print) and ISSN 2580-7668 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by Accounting depatment, Politeknik Negeri Bandung. The Ekspansi Journal provides a specialized forum ...