Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 2 (2021)

KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM DISKUSI MAHASISWA S-1 PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UMT

Ariyana Ariyana (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nori Anggraini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Kemampuan berbahasa terutama berbicara harus sesuai dengan konteks dan situasi pada saat berkomuniasi dua arah atau lebih. Pada forum diskusi, penggunaan bahasa baku digunakan dalam menyampaikan pendapat. Penggunaan bahasa baku dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan kebahasaan sesorang terutama mengenai kata baku, diksi dan pelafalan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan kata tidak baku, kesalahan diksi dan kesalahan lafal dalam diskusi mahasiswa S-1 program studi bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisi kesalahan berbahasa Indonesia dalam diskusi mahasiswa S-1 program studi bahasa Inggris FKIP UMT. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester satu program ttudi bahasa Inggris. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan kata tidak baku, diksi dan lafal bahasa diskusi mahasiswa. Pengumpukan data yang dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan catatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan 97 kesalahan. Adapun jumlah keseluruhan kesalaahan pada masing-masing aspek yang diteliti, yaitu (1) kesalahan kata tidak baku sebanyak 36 kesalahan, (2) kesalahan diksi (pilihan kata) sebanyak 26 kesalahan, (3) kesaalahan lafal sebanyak 35 kesalahan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pedoman untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.Kata kunci :  kesalahan bahasa Indonesia, kata tidak baku, diksi dan lafal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...