Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat
Vol 3, No 2 (2020): NOVEMBER 2020

Workshop Upgrading Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Asing SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sampang: Sebuah Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

Yohana Ika Harnita Sari (Universitas Gadjah Mada)
Endang Soelistiyowati (Unknown)
Tri Nuraniwati (Unknown)
Agnes Siwi Purwaning Tyas (Unknown)
Nabilla Kusuma Vardhani (Unknown)
Wahyu Handayani Setyaningsih (Unknown)
Wury Dwiwardani (Unknown)
Ummul Hasanah (Unknown)
Arismoyo Damar Pambudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Penguasaan bahasa asing merupakan salah satu kunci dalam memenangkan persaingan di era globalisasi ini. Oleh karenanya, pembelajaran bahasa asing khususnya di tingkat pendidikan menengah/kejuruan perlu diupayakan agar memiliki kondisi yang ideal agar outcome pembelajaran dapat tercapai sehingga lulusannya lebih berdaya saing. Dalam kenyataannya, di banyak daerah di Indonesia belum memiliki kondisi yang ideal untuk pembelajaran bahasa, tidak terkecuali di Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang indeks pendidikannya masih rendah. Kompetensi pedagogis, mindset, dan motivasi pengajar menjadi hal yang krusial dalam penentuan keberhasilan pembelajaran bahasa di daerah tersebut. Oleh karenanya, pelatihan untuk peningkatan kemampuan mengajar guru bahasa asing menjadi jalan keluar yang tepat untuk meminimalisir dampak negatif dari kurangnya penguasaan kompetensi guru secara pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan tahapan R&D dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berjudul “Workshop Upgrading Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Asing (Bahasa Inggris dan Lainnya) SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sampang” yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 September 2019. Secara umum, tahapan R&D yang dilaksanakan selama bulan Mei-Oktober 2019 tersebut diadaptasi dari siklus R&D yang dikembangkan oleh Borg & Gall (2003), yaitu (1) pengumpulan informasi dan penelitian, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk,  (4) diseminasi 1 dan implementasi , (5) evaluasi, dan (6) diseminasi 2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The purpose of this journal is to disseminate ideas and results of research conducted by universities, especially UGM, which can be applied in the community. JP2M generally focuses on several issues as follows: 1. Community empowerment training in food security, energy, economy, health, local ...