Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Vol 1, No 2 (2021)

STUDI EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI), PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), DAN ROAD CONDITION INDEX (RCI)

Alva Afriza Putra P, Donny Bagas W. , (Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
Djakfar, Ludfi (Unknown)
Bowoputro, Hendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan transportasi di Kota Malang. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukanlah proses penilaian kualitas layanan jalan menggunakan metode Surface Distress Index (SDI), Pavement Condition Index (PCI), Dan Road Condition Index (RCI) guna mengetahui seberapa tingkat kerusakan jalan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Kota dan Kabupaten Malang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Kota dan Kabupaten Malang, serta membuktikan bahwa adanya hubungan antara ketiga metode tersebut dalam penilaian kualitas jalan yang telah dilakukan. Wilayah studi ini bertempatan pada beberapa ruas jalan di Kota dan Kabupaten Malang, yaitu Jalan Candi Mendut, Jalan Saxophone dan Jalan Tegalgondo Kota Malang. Dipilihnya 3 ruas jalan tersebut dikarenakan kondisi jalan yang merupakan rangkaiasn ruas jalan alternatif yang sering dilalui kendaraan bermotor sehingga kedepanya sangat rentan mengalami kerusakan jika tidak ditangani dan diperbaiki secara berkala dan tepat. Untuk mengetahui nilai kerusakan jalan menggunakan metode Surface Distress Index (SDI), Pavement Condition Index (PCI), Dan Road Condition Index (RCI), dilakukan survei dalam penelitian ini meliputi survei lokasi dan kerusakan jalan yang dilakukan selama 1 minggu menggunakan alat survei berupa meteran roda dan straigth edge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kerusakan di Jalan Candi Mendut untuk metode SDI bernilai 28.95 atau dalam kondisi baik, Metode RCI menunjukan nilai 5.94 dalam kondisi baik dan metode PCI bernilai 62.579 atau dalam kondisi fair atau cukup. Sedangkan pada jalan Tegalgondo-Saxophone, nilai SDI bernilai 29.74 atau dalam kondisi baik, nilai RCI menunjukan nilai 5.79 atau dalam kondisi baik dan nilai PCI menunjukan nilai 68.77 yang berarti dalam kondisi fair atau cukup. Sementara untuk model hubungan antara metode SDI dan RCI mendapatkan persamaan y = -0.03076 x + 6.5221 dengan R² = 0.5283 untuk ruas jalan Candi Mendut, sedangkan untuk ruas Jalan Tegalgondo-Saxophone mendapatkan persamaan model hubungan y = - 0.053816x + 7.44685 dengan R² = 0.613. Sementara untuk model hubungan metode RCI dan PCI untuk jalan Candi Mendut didapatkan persamaan y = 0.0363x + 3.3604 dengan R² = 0.7457, sedangkan untuk jalan Tegalgondo-Saxophone didapatkan persamaan y = 0.05174x + 2.288023 dengan R² = 0.654. Sementara untuk model hubungan SDI dan PCI untuk ruas jalan Candi Mendut didapatkan nilai persamaan y = -0.7864x + 78.158 dengan R² = 0.6273, sedangkan untuk ruas jalan Tegalgondo-Saxophone didapatkan persamaan y = -0.6529x + 74.644 dengan R² = 0.4919. Kata Kunci: Transportasi, Analisis Regresi, Jalan Raya, Indeks Tekanan Permukaan (SDI), Indeks Kondisi Trotoar (PCI), Indeks Kondisi Jalan (RCI), Kerusakan Jalan, Malang

Copyrights © 2021