Jurnal Agro Indragiri
Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri

UPAYA PENANGGULANGAN COVID 19 DENGAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN RUMAH SEBAGAI MEDIA TANAMAN OBAT HERBAL DESA SUNGAI ILIRAN /KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA/KABUPATEN INDRAGIRI HILIR/PROVINSI RIAU.

Hidayati (Universitas Islam Indragiri)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Masa pandemi COVID-19 memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Kondisi ini tidak serta merta membuat para petani menjadi tidak produktif. Beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya yang bisa menopang kebutuhan pangan rumah tangga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berkebun tanaman obat herbal di pekarangan rumah. Aspek terpenting dalam pemanfaatan pekarangan rumah ini adalah tanaman hasil dari bertani di halaman rumah dapat memenuhi kebutuhan konsumsi maupun penjualan serta lingkungan halaman yang lebih indah dan sehat pada masa covid 19 ini. Dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait, dapat diketahui bahwa permasalahan utama petani dalam bertani di pekarangan rumah yaitu keterbatasan lahan yang ada dan juga jumlah panen yang terbatas serta varietas tanaman yang tidak beragam. Laporan ini dilakukan di :Desa Sungai Iliran /Kecamatan Gaung Anak Serka/Kabupaten Indragiri Hilir/Provinsi Riau, jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan pada bulan agustus – september 2020 dalam rentan waktu selama 45 hari. Yang di jadikan sampel dalam penelitian 5 orang populasi dan penetapan di ambil berdasarkan metode bailey (survey) merupakan satu metode penelitian yang teknik pengambilan datanya dilakukan melalui pertanyaan tertulis maupun lisan. Dari hasil wawancara beberapa petani dan ketua kelompok tani tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agro Indragiri (JAI) fokus menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang bermuatan mengenai ilmu budidaya pertanian, hama dan penyakit tanaman dan ilmu tanah. Sub tema JAI meliputi ilmu pemuliaan tanaman, rekayasa genetika tumbuhan, pengelolaan hama terpadu, kesuburan tanah, hidrologi pertanian, ...