Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 13, No 1 (2021): JURNAL ARABIA

Pembelajaran Berbicara Arab Tentang Anamnesis Berbasis Keterampilan Abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter

Toifah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini fokus pada pembelajaran berbicara Arab dengan praktek anamnesis berbasis keterampilan abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berdasarkan hal tersebut, ia bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan strategi role playing atau bermain peran sebagai seorang dokter dan seorang pasien. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, dokumentasi, dan literasi. Data yang sudah terkumpul ditelaah atau dianalisis, diklasifikasi, direduksi, kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tiga tahapan dalam pembelajaran berbicara Arab tentang anamnesis, yaitu pertama: tahap pendahuluan, yang mencakup orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan, ke-dua: tahap inti pembelajaran (kegiatan inti), yang mencakup mengamati, mengeksplorasi yang mencakup 4 langkah klinik anamnesis, yaitu komunikasi sambung rasa, wawancara terstruktur, pemeriksaan fisik, dan rekam medis, selanjutnya mengasosiasi, mengkomunikasi, dan ke-tiga: tahap penutup, yang mencakup pengambilan kesimpulan, refleksi dan evaluasi, motivasi, serta penutupan pembelajaran. Selain itu, manfaat dari pembelajaran ini adalah meningkatkan motivasi belajar pesera didik, merubah tingkah laku, memberikan motivasi baru dan penyegaran, memberikan pelajaran yang bermakna, memperluas pengalaman dan wawasan, serta tercapainya tujuan pembelajaran menyimak Arab yang terintegrasi dengan bidang kedokteran.

Copyrights © 2021