Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 13, No 1 (2021): JURNAL ARABIA

Faktor-faktor Kesulitan Menulis Imla Mahasiswa PBA IAIN Kudus di Masa Pandemik

Suwardi, Fuad Munajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Artikel ini menyoroti penyebab kesulitan mahasiswa dalam menulis imla yang menjadi masalah klasik dalam pembelajaran kitabah. Kesulitan tersebut pada gilirannya menjadi lebih besar ketika pandemic covid 19 melanda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelusuri 1) Kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar Imla, 2) Tema-tema Imla yang dipersepsikan sulit oleh mahasiswa, dan 3) Persepsi mahasiswa terkait pembelajaran Imla secara online. Dengan menggunakan metode survey pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kitabah didapati bahwa 1) kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Imla berupa model kuliah daring dan materi kaidah imla yang cukup rumit baik teori maupun praktik, 2) tema yang dipersepsi sulit menurut mahasiswa antara lain huruf-huruf yang ditambahkan pada kata tetapi tidak diucapkan, pungtuasi, dan washal fashal, 3) mayoritas mahasiswa menyatakan kurang senang dengan pembelajaran online dengan 63,1 %.

Copyrights © 2021