Jurnal Islamika
Vol 4 No 1 (2021): Islamic Studies

SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI

Ahmad Lahmi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Iza Arman (Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Mursal Mursal (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Kemampuan guru secara terus menerus mesti ditingkatkan karena mereka adalah sebagai tolak ukur kualitas pendidikan, bentuk peningkatan guru pada lembaga pendidikan yang berbentuk negeri memiliki banyak bentuk variatif, hal ini berbeda dengan yang didapatkan lembaga pendidikan swasta seperti halnya MTs Swasta Istiqamah Talu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana supervisi klinis yang dilaksanakan di MTs Swasta Talu sebagai upaya peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Untuk ketercapaian tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sementara sumber data penelitian ialah terdiri dari kepala madrasah, pengawas dan guru PAI, untuk mendapatkan data dari sumber yang telah ditetapkan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, data penelitian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan supervise klinik terhadap guru PAI dimulai dari tahap pendahuluan, pelaksanaan dan tahap umpan balik, kegiatan supervise klinik dapat meningkatkan kompetensi guru PAI khususnya kompetensi professional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSI

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Islmaic Studies of Journal (Jurnal Islamika) is published by the Faculty of Islamic Studies Muhammadiyah University of Riau. ISSN:2615-7217(online). Islamika journal Published twice a year in April and October. The journal publishes empirically grounded and multidisciplinary of work on Islam and its ...